Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Kuak' Penambang Ilegal Berkedok Perumahan Marak di Desa Tellumpoccoe: APH Diduga Tidak Peduli - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kuak' Penambang Ilegal Berkedok Perumahan Marak di Desa Tellumpoccoe: APH Diduga Tidak Peduli

Kuak' Penambang Ilegal Berkedok Perumahan Marak di Desa Tellumpoccoe: APH Diduga Tidak Peduli




MAROS, 14 Agustus 2024– Aktivitas penambangan terkuak ilegal yang menyamar sebagai proyek perumahan tengah marak di Desa Tellumpoccoe, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros. Minimnya pengawasan dari instansi terkait serta sikap Aparat Penegak Hukum (APH) yang diduga tidak tegas memungkinkan para pelaku membuka galian baru dengan berbagai alasan.

Sejak Selasa, 13 Agustus 2024, tim investigasi menemukan adanya tambang tanah merah yang diduga kuat beroperasi tanpa izin resmi. Investigasi menunjukkan bahwa kegiatan tersebut menggunakan tiga unit ekskavator dan puluhan mobil dump truck untuk mengangkut tanah, yang kemudian dibongkar di lokasi berbeda.

Kepala Dusun setempat mengonfirmasi bahwa galian tersebut memang ada di wilayahnya. Ia menyebutkan bahwa awalnya tidak ada konfirmasi dari pihak pengelola mengenai legalitas aktivitas tersebut. Setelah terjadi ketegangan, pihak pengelola akhirnya mengirimkan surat untuk membahas solusi.

Sementara itu, oknum aparat yang dihubungi mengaku tidak mengetahui aktivitas tersebut hingga masalah muncul. Tim investigasi juga mendapati bahwa oknum Ketua RT setempat terlibat, mengarahkan tim ke kantor pemilik tambang yang dikenal sebagai "Bos".

Kata Arifin, pertanyaan muncul mengenai peran Ketua RT tersebut dalam aktivitas ilegal ini. "Keterlibatannya memicu kekhawatiran tentang kemungkinan adanya kolusi antara pengelola tambang dan pejabat lokal, yang perlu segera ditindaklanjuti oleh pihak berwenang,"kuncinya. (***)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar