Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Pemkab Sinjai Bakal Gelar Pencanangan Kampung Siaga Bencana - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Sinjai Bakal Gelar Pencanangan Kampung Siaga Bencana

Pemkab Sinjai Bakal Gelar Pencanangan Kampung Siaga Bencana


Pj. Bupati Sinjai TR Fahsul Falah bersama Kadis Sosial Sinjai

SNIPERJURNALIS.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai Melalui Dinas Sosial rencananya akan menggelar Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB), di Alun-Alun Lapangan Sinjai Bersatu, pada Sabtu (06/07/2024) mendatang.

Pencanangan ini diketahui usai Pemkab melaksanakan rapat koordinasi bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah dan Forkopimda, yang dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati T.R. Fahsul Falah, di Command Center Rumah Jabatan Bupati, Senin (01/07/2024) malam.

KSB merupakan pelatihan mitigasi bencana berbasis masyarakat yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan ancaman bencana di daerah rawan bencana.

Kepala Dinas Sosial Sinjai Drs. A. Muh. Idnan menjelaskan pembentukan KSB tersebut akan dilakukan di dua Kecamatan, Yakni Sinjai Borong dan Sinjai Selatan.

“KSB ini kampung siaga bencana semacam pelatihan berbasis masyarakat. Kita melatih orang-orang yang nantinya akan menjadi inisiator jika terjadi bencana” Jelasnya.

Jika tak ada aral melintang, Pencanangan akan dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial yang sekaligus Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, namun sebelum itu akan digelar apel siaga yang dipimpin Pj Bupati Sinjai.

Untuk memastikan pencanangan nanti berjalan lancar tanpa kendala, Pihak Dinsos diketahui telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk kesiapan peserta yang akan mengikuti pelatihan mitigasi bencana.

Sekira 120 peserta dari dua kecamatan akan dilibatkan dalam pelatihan tersebut. Mereka itulah yang nantinya akan menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Daerah jika terjadi bencana di Desa-Desa.

“Peserta KSB akan memperoleh pelatihan dari pihak Kemensos dan Tim Tagana Pusat mulai 4 Juli 2024. Nanti minimal di setiap Desa ada peta jaringan kebencanaan dan ada titik kumpul apabila terjadi bencana" ungkapnya.

Sebelumnya Di Kabupaten Sinjai diketahui sudah terbentuk dua KSB yakni di Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Tengah.***

S-1Tulisan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar