Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Begini Cara Pemkab Sinjai Atasi Persoalan Banjir di Kota Bersatu - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Begini Cara Pemkab Sinjai Atasi Persoalan Banjir di Kota Bersatu

Begini Cara Pemkab Sinjai Atasi Persoalan Banjir di Kota Bersatu




SNIPERJURNALIS.COM,- Persoalan banjir yang dihadapi hampir setiap tahun oleh masyarakat khususnya di Kecamatan Sinjai Utara, Kota Bersatu Sinjai terus menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sinjai agar menemui solusi kongkret dan aktual.

Atas dasar itu, Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai menggelar diskusi pendahuluan membahas terkait perencanaan teknis masterplan (rencana induk) drainase kawasan perkotaan Sinjai, di RM. Wiring Empang, Jumat (05/07/2024).

Diskusi ini dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah dan mengundang sejumlah pihak seperti DPRD Sinjai, Akademisi, Pers, Lembaga Sosial Kemasyarakatan (LSM), OPD terkait dan Tokoh Masyarakat.

Lewat diskusi ini Pj Bupati menjelaskan dalam mengatasi persoalan banjir penting adanya koordinasi mulai dari tingkat bawah.

Ia juga menyampaikan persoalan banjir perlu upaya kecil yang berkesinambungan, seperti budaya tidak membuang sampah disembarang tempat utamanya di saluran air, juga normalisasi kanal secara rutin.

Dalam kesempatan ini juga, T.R sapaan akrab Pj Bupati memaparkan solusi jangka panjang dalam mengatasi banjir dalam kota, adalah pembangunan embung sebagai wadah penampung air hujan sekaligus cadangan air.

“Untuk mengatasi banjir, kita perlu koordinasi sampai tingkat bawah, libatkan Lurah. karena tanpa koordinasi yang baik, ide baik tidak akan terealisasi baik. Budaya buang sampah kita di Sinjai juga masih kurang sehingga ini perlu kesadaran bersama,” ungkapnya.

Sementara Kepala PUPR Sinjai, Haris Achmad berharap diskusi ini dapat menjadi pedoman pemkab dalam mengantisipasi atau minimal mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat banjir.

“Kami berharap adanya dokumen ini menjadi pedoman Pemkab dalam hal ini PUPR sebagai stakeholder untuk menyusun rencana drainase di dalam perkotaan Sinjai,” ungkapnya.

Perlu diketahui, dalam diskusi penyusunan masterplan perencanaan drainase, Pemkab

menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin sebagai Lembaga yang dinilai memiliki disiplin ilmu dibidang penelitian lingkungan.

Output yang diharapkan dari diskusi ini, yakni memperoleh hasil perencanaan drainase yang terpadu antara sistem drainase utama, sistem drainase lokal dan pengelolaan wilayah sungai secara terpadu dan berkelanjutan.****

Editor: S-1Tulisan 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar