Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Mengenal Sosok Dan Gaya Kepemimpinan Andi Azis Soi - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mengenal Sosok Dan Gaya Kepemimpinan Andi Azis Soi

Mengenal Sosok Dan Gaya Kepemimpinan Andi Azis Soi


Ket; Andi Azis Soi Bersama Mantan Kapolda Sulsel Irjen Pol. Nana Sudjana, di suatu momen penting beberapa waktu lalu. (Sumber Foto. Andi Azis Soi).

SNIPER JURNALIS.COM-
Setiap sosok dan gaya Pemimpin yang berhasil menjalankan roda pemerintahan di Indonesia, dapat dengan mudah terungkap berdasarkan bukti program yang ditemukan di wilayahnya, bukan kebetulan. (Investigasi-red)

Seperti halnya Pemerintah Desa Bua, sukses merealisasikan sejumlah pembangunan termasuk wisata taman baca. 

Wisata Taman Baca dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Dana Desa (DD) tahun 2023. 

Hal ini diungkapkan, Andi Azis Soi kepala Desa Bua, saat direkam di ruangan kerjanya. 

Andi Azis Soi saat ditemui di kantor Desa Bua (3/5/2023)

Kesuksesan tersebut, senada diutarakan Syamsuddin Sekertaris Desa Bua maupun Saktiawan Staf Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Sabtu 6 Mei 2023. 

Lebih lanjut dikemukakan dengan gamblang, saat kegiatan pembangunan wisata taman baca berlangsung, masyarakat Desa Bua turut dilibatkan. 

Intinya Setiap kegiatan dapat berjalan dengan lancar, "kuncinya tidak lepas dari dukungan masyarakat, serta unsur terkait. Artinya ada sinergi yang kokoh" Imbuh, Andi Azis Soi.

Selain wisata taman baca berhasil dinikmati masyarakat meluas di Desa Bua, berkat kepiawaian Andi Azis Soi, ditempat terpisah, juga terdapat wisata pantai Bulokkong. 

Sebagai Informasi Wisata Pantai Bulokkong juga merupakan gagasan, Andi Azis Soi pada masa Jabatan Periode 2015-2022 lalu. 

Sebagaimana diungkapkan Andi Azis Soi, Kegiatan Pemerintahan dapat berjalan dengan lancar. "Kuncinya" dengan melibatkan Masyarakat dan Sinergitas di kuatkan, hal ini tampaknya berbanding lurus di temukan di Desa Bua.

Bahkan berdasarkan catatan dan informasi dihimpun jurnalis, bukan sedikit kalangan yang mengagumi gebrakan Andi Azis Soi, Ketua ABDESI Kabupaten Sinjai. 

"Beliau-red, Andi Azis Soi Sosok pemikir, humanis, karismatik, tegas, dan bijaksana", demikian informasi dihimpun. 

Selain itu, Era kepemimpinan Pria kelahiran 1959 ini juga terbilang jitu, dalam mewujudkan kemajuan di Desa Bua. 

Pasalnya, Andi Azis Soi sejak  menjabat kepala Desa Bua Periode tahun 2015-2022 hingga Periode tahun 2022-2028, roda pemerintahan dijalankan dengan baik.

Wisata taman baca dilengkapi dengan kasebo

Sejumlah kegiatan pembangunan meliputi wilayah Desa Bua terus berlanjut, dengan menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2023 sebesar Rp. 831.973.000,- 

Wisata Taman baca 

Andi Azis Soi juga memiliki kemampuan menebas segala hambatan kegiatan pemerintahan.

Maka tak heran jika kegiatan pembangunan infrastruktur di Desa Bua berjalan dengan lancar. 

Selain itu, Andi Azis Soi, juga menerapkan metode kedisiplinan jam kerja aktif terhadap staf maupun jajaran sejak tahun 2015.

"Pada intinya saya menjamin  pelayanan Pemerintah Desa Bua bertaraf Nasional", tegas, Andi Azis Soi.


Dalam Wawancara Jurnalis, Supriadi Buraerah, tak lupa menanyakan pembangunan infrastruktur jalan, serta sejumlah kegiatan tahun 2023 baik yang direncanakan, sedang berlangsung, maupun dinyatakan rampung. 

Usai mendengarkan sejumlah pertanyaan jurnalis lebih lanjut, berdasarkan amatan, ada senyum humanis terlukis di wajah kepala Desa Bua, Andi Azis Soi maupun Syamsuddin Sekertaris Desa Bua, ketika itu.


Dikatakan, berkat dukungan masyarakat dan kuatnya sinergitas antar berbagai pihak, sehingga kegiatan pembangunan infrastruktur jalan berupa pengecoran, sepanjang 100 meter dapat berjalan dengan lancar, ini khusus di tahun 2023.


Selain Jalan dimaksud terletak di Dusun Turungeng, juga Pembangunan Gapura Wisata Pantai Bulokkong di pusatkan rampung tahun 2023. 


Selain itu, 1 Unit sumur bor juga terealisasi, berada di lokasi Wisata Taman Baca. 

Sedang untuk kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) tahun 2023, tahap satu meliputi bulan Januari Februari dan Maret,  sudah tersalurkan.

Untuk jumlah penerima BLT sebanyak 24 kepala keluarga (KK). 

Setiap 1 KK dalam hitungan 1 bulan menerima sebesar Rp.300.000,- 

Dalam hitungan 3 bulan setiap 1 KK menerima sebesar Rp 900.000-. Untuk Penyaluran BLT tahap ke 2 sementara menunggu pencairan dana Desa tahap selanjutnya.


Untuk kegiatan ketahanan Pangan, melalui Anggaran Dana Desa tahun 2023, berdasarkan kesepakatan bersama masyarakat, akan direalisasikan kegiatan;
Pengadaan ternak sapi 10 ekor. Pengadaan Traktor 1 Unit.
Pengadaan bibit tanaman Pala, demikian, dijelaskan, Andi Azis Soi. 

Dapat diketahui lebih lanjut berdasarkan data diperoleh jurnalis Supriadi Buraerah, di tahun 2023, dari jumlah anggaran Dana Desa secara global sebesar Rp. 831.973.000- dengan serapan anggaran dana desa, sementara berjalan sebesar Rp.417. 587. 850-

Selanjutnya terkait potensial Pendapatan masyarakat Desa Bua, melalui sektor perikanan/ Nelayan, Pertanian, peternakan dan Usaha Mikro kecil dan menengah UMKM. 

Sedangkan jumlah penduduk Desa Bua sebanyak 3.641 jiwa mendiami 6 wilayah Dusun. 

Adapun diketahui Desa Bua,  dibagian Utara berbatasan dengan Desa Sanjai, dibagian Selatan berbatasan Desa Pattongko , dibagian Timur berbatasan dengan Teluk Bone, dan bagiian barat berbatasan langsung dengan Kecamatan Tellulimpoe.

Luas Wilayah Desa Bua 11.58 kilo meter KM². Berjarak kurang lebih 14 kilometer dari pusat kota Sinjai.

Penulis. Supriadi Buraerah 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar