Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Ir. Abdul Rajab 'Tegas' Pengelolaan APBDes Wajib Transparan Dan Tepat Sasaran - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ir. Abdul Rajab 'Tegas' Pengelolaan APBDes Wajib Transparan Dan Tepat Sasaran

Ir. Abdul Rajab 'Tegas' Pengelolaan APBDes Wajib Transparan Dan Tepat Sasaran


Ir.abd.Rajab foto Istimewa
ADVETORIAL Rabu (4/4) 

Sniperjurnalis.com, Sulsel, - Penggunaan APBDes, Wajib tepat sasaran dan transparan, demikian kata, Ir. Abd. Rajab, saat dikonfirmasi Tim sniperjurnalis.com belum lama ini di Kantor Desa Talle, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

ARJ sapaan akrab Ir. Abd. Rajab Kepala Talle, lebih lanjut mengemukakan dengan gamblang, ada dua mata anggaran yang menopang kemajuan Desa Talle, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) atau biasa disebut Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD dan ADD). Anggaran ini khusus tergabung dalam APBDes. Untuk perlakuan APBDes, digunakan secara tepat sasaran dan transparan, hal ini diterapkan dengan tujuan memajukan Desa dan mensejahterakan rakyat secara meluas. Oleh sebab itu, ARJ selalu menegaskan kepada pihaknya agar berkomitmen, memupuk amanah rakyat dan bertanggung jawab dalam setiap program kegiatan di Desa Talle.

Menurutnya, Perlu didasari, adanya kesadaran bersama, bahwa setiap program Desa, semata bertujuan demi kepentingan umum. "Yah saya rasa begitu sederhananya", imbuh ARJ.

Kendati demikian, ARJ, menyebut, untuk APBDes tahun 2023, pihaknya memastikan menyukseskan setiap kegiatan Desa Talle. Adapun kegiatan tersebut, meliputi kegiatan Pembangunan, Pemberdayaan, pemulihan ekonomi BLT, Bidang ketahanan pangan, bidang Permusyawaratan dan pembinaan. Kata Dia, setiap Kegiatan mesti disukseskan berdasarkan persentase anggaran yang telah didesain merujuk dalam aturan dan undang-undang berlaku. Dari rujukan persentase dan tahapan anggaran APBDes, selanjutnya Pemerintah Desa melakukan kegiatan musyawarah. Hasil Musyawarah berdasarkan kesepakatan yang telah ditetapkan melalui; Musdus ataupun Musdes, menjadi acuan pada program setiap kegiatan. Untuk pengelolaan APBDes tahun 2023 tidak jauh berbeda dengan program tahun 2022 lalu. Penggunaan Anggaran tetap mengacu pada skala prioritas dan mengadopsi regulasi sebagai bagian dari rambu-rambu yang perlu dipatuhi dalam melaksanakan kegiatan. "Regulasi/Juknis patut dipedomani",Kata Pria kelahiran 1972 (Ir.Abd. Rajab-red).


Dikatakan lebih lanjut, dalam waktu kedepan sejumlah kegiatan tahun 2023 di Desa Talle, akan dirampungkan seiring dengan tahap anggaran. Dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, ARJ mengaku melibatkan elemen masyarakat, (Sinergitas). dengan begitu, dapat dipastikan kegiatan berjalan tampa ada hambatan. "Insya Allah akan berjalan dengan baik jika ada Sinergitas dalam setiap kegiatan", jelasnya.


Wawancara belum berhenti disitu, ARJ membenarkan bahwa semua kegiatan pemerintah Desa, mesti, dirampungkan tepat waktu.

"Benar demikian semua kegiatan, diharapkan rampung tepat Waktu"ujarnya menjawab pertanyaan sniperjurnalis.com


Mengulik, lebih tegas ARJ mencontohkan sejumlah kegiatan yang telah sukses terlaksana "Contoh", kegiatan Desa dimaksud, seperti, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), melalui sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara APBN Dana Desa, harus tersalurkan dengan baik. 

Penyaluran dilaksanakan setiap tahap pencarian Dana Desa, dan setiap satu tahun kegiatan penyaluran BLT-DD wajib rampung (12 bulan).

Untuk penyaluran BLT tahap pertama tahun 2023 sudah dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2023. Jumlah penerima BLT sebanyak 32 kepala keluarga. 



Penyaluran BLT-DD sangat tidak dibenarkan dengan cara kucing-kucingan. "Wajib diketahui publik dan melibatkan seluruh unsur terkait", Tegasnya.


Sumber daya alam (SDA) maupun Sumber daya manusia (SDM) di Desa Talle, sangat mumpuni. Kendati begitu, ARJ, bilang "Anggaran APBDes dikelola dengan baik". Maka tak heran jika kini Desa Talle mengalami kemajuan.


Dirangkum lebih lanjut, Desa Talle Terdiri dari 8 Dusun jumlah penduduk kurang lebih sebanyak 5.800 jiwa, potensial pendapatan masyarakat melalui sektor Pertanian dan peternakan. 

Kendati, informasi seputar kegiatan pembangunan infrastruktur jalan dan sarana olahraga, di Desa Talle baru-baru ini telah terkonfirmasi sukses melakukan pembangunan infrastruktur jalan berupa peningkatan dengan rincian volume lebar 3,5 meter, panjang 800 meter terletak di Dusun Leppang dan Dusun Campaga, lebar 3 meter, panjang 500 meter, sementara untuk pembangunan sarana olahraga berupa talud dan penimbunan lapangan Bulu-bulue, terletak di Dusun Gareccing. 

Adapun rincian anggaran digunakan bersumber dari APBN Dana Desa tahun 2023, dengan rincian masing-masing, Pembangunan Jalan di Dusun leppang sebesar Rp.135.000.000,- Pembangunan Jalan di Dusun Campaga sebesar Rp.55.000.000,- dan untuk pembangunan sarana olahraga kurang lebih sebesar Rp.100.000,000,-Semua kegiatan melibatkan masyarakat. Sedang jumlah anggaran dikelola Pemdes Talle tahun 2023 sebesar Rp. 2.053.128.450 (2 miliar lebih). 

Demikian sniperjurnalis merangkum data informasi kegiatan Pemerintahan Desa Talle senada Penjelasan masyarakat, Staf Desa Talle, Irwan, Edi, dan Ir. Abd. Rajab, Kepala Desa Talle dua Periode.

Penulis: SUPRIADI BURAERAH. (MNC/SNIPER)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar