Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Kemenag Bangun Sinergi Bersama KPK-RI Terapkan Platform Jaringan Pencegahan Korupsi Indonesia - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemenag Bangun Sinergi Bersama KPK-RI Terapkan Platform Jaringan Pencegahan Korupsi Indonesia

Kemenag Bangun Sinergi Bersama KPK-RI Terapkan Platform Jaringan Pencegahan Korupsi Indonesia



SNIPER JURNALIS.COM-
Kementerian Agama melalui Inspektorat Jenderal melakukan Rapat Koordinasi Implementasi terkait Platform JAGA (Jaringan Pencegahan Korupsi Indonesia) di Lingkungan Pendidikan Keagamaan. (22/2/2023)

Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK menyatakan bahwa Aplikasi JAGA merupakan mekanisme yang dibangun KPK untuk meningkatkan partisipasi publik dalam mengawasi maupun melaporkan tindak pidana korupsi (Tipikor).

“Hal ini guna mendorong partisipasi, akuntabilitas, respon, dan transparansi dengan mengintegrasikan ketersediaan informasi layanan publik dan memfasilitasi peran serta pemangku kepentingan baik instansi maupun masyarakat dalan upaya pencegahan korupsi”, terang Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK, Herda Helmijaya bertempat di Ruang Rapat Irjen, Rabu (15/02/2023).

“Salah satu modul adalah JAGA Pendidikan yang menampilkan data dan informasi terkait dengan kependidikan yakni Dana BOS, Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri, laporan keuangan Perguruan Tinggi Negeri, serta Program Indonesia Pintar untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan program kependidikan dimaksud,” sambungnya.

Inspektur Jenderal Faisal menyampaikan terima kasih atas perhatian KPK kepada Kemenag.

“Terima kasih banyak perhatian KPK kepada Kemenag. Implementasi Platform JAGA sesuai semangat Menteri Agama, permudah layanan publik dengan digitalisasi, hindari praktik korupsi. Jangan ada praktik transaksional dalam promosi, rotasi dan mutasi jabatan,” tegas Faisal.

“Bagi para Direktur Pendidikan Keagamaan segera buatkan rencana aksi, kemudian diatur timelinenya. Itjen Kemenag siap berikan atensi. Sesuai dengan harapan, semoga Inspektorat menjadi Itjen yang dirindukan,” sambungnya.

Selanjutnya Plt. Sekretaris Kastolan menyampaikan semangat dan komitmen untuk pencegahan korupsi.

“Mari kita bangun Kemenag lebih baik, perlu diperhatikan arahan dari Gusmen dan Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK. Implementasikan Platform JAGA Pendidikan," ujar Kastolan.

"Itjen Kemenag berkolaborasi dengan KPK akan memberikan sosialisasi terkait teknisnya implementasi Platform JAGA Pendidikan seperti apa. Untuk Perguruan tinggi perlu terus diupayakan Penguatan Ekosistem Kampus dengan penyusunan indikator yang tepat", kuncinya

Dikabarkan lebih lanjut, berikut Kontak layanan pengaduan masyarakat KPK RI. 0811-959-575. Atau dapat menggunakan aplikasi JAGA KPK.

Perlu diketahui didalam aplikasi tersebut, Masyarakat Indonesia dapat memperoleh informasi APBN Dana Desa Se Indonesia. (1 tulisan)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar