Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Dinsos Sinjai Tonjolkan Kesuksesan, Hanam Dipastikan Bersua Keluarga di NTB - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dinsos Sinjai Tonjolkan Kesuksesan, Hanam Dipastikan Bersua Keluarga di NTB

Dinsos Sinjai Tonjolkan Kesuksesan, Hanam Dipastikan Bersua Keluarga di NTB


dok detik keberangkatan Hanam (41) ke kota Makassar sumber foto Dinsos Sinjai

Sniperjurnalis.com||Sinjai
Kesuksesan Pemerintah kabupaten Sinjai kembali ditonjolkan, melalui Dinas Sosial. Kenapa tidak. Hanam (41 tahun) seorang pria asal Nusa Tenggara Barat, berhasil terhubung dengan keluarganya di kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kamis (19/10/2022)

Padahal Hanam diperkirakan sekitar 17 tahun tidak berkomunikasi dengan keluarganya. Hanam meninggalkan kampung halaman nya NTB-red Sejak puluhan tahun. Hingga ditemukan di wilayah hukum Polsek Tellu Limpoe Selasa pekan lalu. Hanam Pertama kali di temukan di pasar rakyat Tellu Limpoe. Mengetahui kabar tersebut Polsek Tellu Limpoe melakukan konfirmasi kepada Dinas Sosial kabupaten Sinjai.

Saat itu Hanam ditemukan oleh personel Polsek Tellue Limpoe, Polres Sinjai, lalu diantar ke Dinas Sosial pada tanggal 14 Oktober 2022

Sejak itu berbagai upaya dilakukan Dinas Sosial, bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Dinas Kesehatan kabupaten Sinjai.

Dengan begitu, Hanam dapat terhubung dengan keluarganya berkat kolaborasi antar dinas terkait.

Hanam merupakan salah satu warga Lombok Timur yang sudah puluhan tahun meninggalkan keluarganya. Bahkan Keluarga Hanam sempat berpendapat bahwa Hanam telah meninggal dunia, demikian penjelasan, Andi Muh Idnan Kepala Dinas Sosial kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan, saat diwawancarai sniperjurnalis.com di ruangan kerjanya (19/10/2022) Kamis siang.

Kadis Sosial A Idnan (Batik)

Penanganan dilakukan Pemkab sinjai melalui Dinas terkait, pertama mengaktifkan indentitas Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, hingga melakukan vaksinasi terhadap Hanam.

Hanan (merah)
Andi Idnan menyebut, sebelumnya Ada sedikit kesulitan dihadapi pihak Dinsos, akan tetapi sejak Rabu kemarin Hanam sudah di berangkatkan dari kebupaten Sinjai ke kota Makassar selanjutnya menuju NTB.

"Setelah Dinsos Sinjai melakukan koordinasi dengan Dinsos Sulsel, dan segala hal persyaratan telah dinyatakan lengkap. Meski Hanam yang dulunya sama sekali kehilangan KTP dan KK, setelah semua terbit dan vaksin sudah dilakukan, Hanam langsung di berangkatkan ke kota Makassar pada tanggal (18/10) dan selanjutnya ke NTB",terang Andi Muh Idnan.

Burhan Syamsuddin Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial mejelaskan kronologi terungkapnya bahwa Hanam merupakan warga NTB.

Melalui komunikasi antara Dinas Sosial, dibantu Diskucapil Sinjai dengan Pos pengaduan Sosial dibantu Pemerintah kecamatan Montong Gading.

Di sana lah terungkap salah seorang warga bernama Maroan tak lain adalah Saudara Hanam.

Selain Dinas Sosial kabupaten Sinjai melakukan Asesmen Informasi termasuk pengaktifan KTP dan KK Hanam. Pihak Dinsos Sinjai turut melakukan koordinasi dengan Dinsos provinsi Sulawesi Selatan.

"Hanam meninggalkan kantor Dinsos Sinjai Rabu kemarin. Selama kurang lebih satu Minggu Hanan disini mendapatkan pelayanan prima", ungkap Burhan.

Kabid, Burhan (Batik)
Burhan menyebut bila mana kemudian hari ada temuan senada ditemukan masyarakat kabupaten Sinjai. Kiranya melaporkan kepemerintah setempat atau ke Kantor polisi dan atau bisa langsung melaporkan ke Dinas Sosial kabupaten Sinjai.

"Dinas sosial kabupaten Sinjai selalu sigap dalam hal Kegiatan pelayanan sosial secara meluas", Kuncinya. Penulis Supriadi Buraerah

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar