Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Bupati Sinjai Peduli Petani Kakao 66 Kelompok Tani Tersentuh Bantuan - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Sinjai Peduli Petani Kakao 66 Kelompok Tani Tersentuh Bantuan

Bupati Sinjai Peduli Petani Kakao 66 Kelompok Tani Tersentuh Bantuan



Sinjai, sniperjurnalis.com
Di era kepemimpinan Andi Seto Gadista Asapa, Pemerintah kabupaten sinjai, melalui dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) meyalurkan bantuan tanaman kakao, bersumber dari pemprov sulsel.

Tahun ini sebanyak 944 hektar area perkebunan tanaman kakao untuk 66 kelompok tani, mendapatkan bantuan bibit berkualitas dari Pemerintah Provinsi Sulsel.

Jumlah 994 hektare tersebut meliputi 6 wilayah Kecamatan di Kabupaten Sinjai.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Jamaluddin Nanring mengemukakan bahwa tanaman kakao di Sinjai sebagian besar perlu dilakukan peremajaan atau pergantian pohon.

Mengingat usia tanaman kakao di Sinjai sekitar 80 persen sudah berusia di atas 30 tahun sehingga, kata Jamaluddin, produksi yang dihasilkan kurang optimal lagi.

Untuk itu pihaknya merasa bersyukur dengan adanya bantuan bibit kakao dengan varietas unggul yang diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel kepada para petani kakao di Sinjai.

“Bibit yang dibagikan ini adalah varietas MCC 02 yang telah bersertifikat dan sudah teruji tahan hama dan penyakit. Varietas ini oleh beberapa Kabupaten di wilayah lain yang gunakan dan ternyata hasil produksinya sangat bagus,” imbuh Jamaluddin (31/8/2022).

Menurut Jamaluddin, dengan adanya peremajaan kakao dengan sistem sambung pucuk ini diperkirakan sekitar 2 atau 3 tahun kedepan "produksi kakao di Sinjai akan lebih bermutu lagi".

“Ini akan mendukung target Pemerintah Propinsi Sulsel yaitu Gerakan peningkatan produksi 350 ribu ton tiap tahun dan kita juga optimis bisa membangkitkan petani kakao di Sinjai, ”sambungnya

Perlu diketahui terkait pemasaran kakao, Jamaluddin mengungkapkan bahwa komoditi ini termasuk komoditi ekspor sehingga dalam pemasarannya tidak ada kendala yang dihadapi oleh petani.

“Kalau pemasaran saya kira tidak susah karena pedagang pengumpul berlomba-lomba untuk membeli. Apalagi pasaran luar negeri harganya sangat tinggi,” jelasnya.

Kendati begitu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadista Asapa (ASA) berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan yang ada di Sinjai termasuk tanaman kakao yang pernah berjaya.

Olehnya itu melalui ribuan bibit kakao yang diberikan kepada petani diharapkan bisa dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik sehingga mutu produksi semakin baik. Dengan begitu petani kakao kembali bisa bangkit.

“Saya berharap para petani kakao (coklat) di Sinjai tetap konsisten tidak mengalihfungsikan lahan, manfaatkan sebaik-baiknya bibit kakao tersebut sehingga kejayaan kakao di Kabupaten Sinjai bisa kembali menonjol,” harap, pria kelahiran 20 November 1983 ini.

Sekedar diketahui Indonesia tercatat sebagai produsen kakao terbesar ketiga di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. (*/red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar